Kacamata Pintar dalam Google Project Glass dengan Teknologi Baru Augmented Reality

Kacamata Pintar dalam Google Project Glass dengan Teknologi Baru Augmented Reality

Kebetulan sekarang saya lagi mikirin soal tentang pemrogaman interaktif satu ini nih, ya Augmented Reality (AR) yang belakangan ini mulai benar-benar diapdosi oleh beberapa developer IT termasuk si raksasa Google yang rumornya memang benar-benar serius membuat Kacamata Pintar-nya.

Sergey Bin and Google Glass Project Kacamata Pintar

Setelah merilis sebuah video konsep berjudul “Project Glass: One day…” pada bulan maret lalu, dan mengumumkan secara resmi proyek ini dengan nama “Google Project Glass” dibulan April lalu, Google semacam memperlihatkan bagaimana kacamata pintar ini dapat digunakan untuk memotret, merekam video, dan menjalakan aplikasi seperti Google Map, Reminder maupun video chatting. Bocoran-bocoran mengenai detail perangkat Kacamata Pintar ini pun mulai beredar di Internet bahkan beberapa petinggi Google sempat pula tertangkap kamera sedang menggunakan kacamata ini.

Sampai saat ini Kacamata Pintar Google ini masih berupa prototipe tetapi pihak Google telah mematenkan konsep produknya ini kepada US Patent & Trademark Office, Patent Full Text and Image Database. Sergey Bin lah salah satu petinggi Google yang rajin menggunakan kacamata ini, dan dialah yangsetidaknya telah memberi sedikit petunjuk mengenai apa yang ada dalam kaca mata ini, salah satunya adalah disaat Sergey Bin melakukan wawancara dengan Wali Kota San Francisco Gavin Newsom dengan membawa prototipe kacamata pintarnya di salah satu TV lokal.

Dan berikut kutipan pembicaraan antara Sergey dan Newsom yang saya kutip dari Kompas.com

Pada kesempatan itu, Brin menunjukkan salah satu kemampuan kacamata dengan mengambil foto Newsom. Kemudian Brin meletakkan jarinya ke bagian kanan kacamata, melakukan penggeseran, yang kemungkinan besar ia sedang membuka hasil foto di galeri. Tombol itu berupa trackpad yang bisa dinavigasikan dengan cara menggeser ke kanan-kiri dan atas-bawah.

Brin kemudian mempersilakan Newsom menjajal kacamata pintar. “Jangan sentuh pad (tombol) yang di samping,” pinta Brin kepada Newsom.

Newsom menjadi orang pertama di luar Google yang merasakan sensasi kacamata pintar. “Gambar itu sangat jelas. Anda dengan mudah melupakan bahwa sedang memakai kacamata, dan akan merasakan kekuatannya di masa depan,” tukas Newsom kepada situs teknologi Wired.

Dilihat dari informasi-informasi dan rumor yang telah beredar, Google Project Glass alias Kacamata Pintar Google ini dapat diumpamakan sebagai perwujudan nyata dari teknologi masa depan. Kacamata Pintar sepertinya akan membawa fitur-fitur smarthphone kedalamnya. Beberapa hal yang telah diketahui dari kaca mata ini adalah

  1. Kacamata ini dapat mengambil foto ataupun video, dan diperkuat dengan beberapa hasil foto, video serta dari kutipan pembicaraan diatas.
  2. Cara navigasi dari kacamata ini kemungkinan besar (seperti didalam kutipan pembicaraan diatas) adalah dengan melakukan penggeseran dengan jari pada bagian kanan kacamata.

Dan kacamata ini juga menimbulkan banyak pertanyaan anatara lain

  1. Bagaimana cara mengoperasikan kacamata ini (dalam hal mengambil foto/video dan navigasi lainnya) tanpa kontak fisik atau mungkin dengan gerakan mata.
  2. Apakah Kacamata ini akan diproduksi secara massal mengingat kacamata ini (bisa saja) dapat disalah gunakan untuk melanggar privasi orang lain.

Dikatakan bahwa Google tidak mau terlalu dini untuk mempublikasikan detail spesifik mengenai produknya ini adalah karena pihak Google ingin menampung lebih banyak saran yang terbaik untuk kacamatanya ini.
Google Glass ProjectGoogle  Project Glass Larry Page

Dan berikut ini adalah beberapa hasil ‘jepretan’ dari Kacamata Pintar Google :

*Hands on knees ( 2048 x 1536 pixel, berukuran 757.9KB)
Google Project Glass Hand of knees
*Umbrella ( 2048 x 1536 pixel, berukuran 548.44KB)
Google Project Glass Umbrella
*Tidak diberi judul ( 2048 x 1536 pixel, berukuran 836.05KB)Google Project Glass image example

Ada juga video berdurasi 15 detik yang diambil dari kacamata pintar ini dan ditampilan diacara Google+ Photographer’s Conference

Untuk 11 foto lengkapnya dapat dilihat di salah satu artikel berita kompas tekno berikut [link]

Sampai saat ini itulah yang saya ketahui mengenai Google Project Glass ini, sekarang kita tinggal berharap dan berusaha semoga segala Teknologi apapun yang akan hadir nantinya dapat membawa kita ke arah yang lebih positif tentunya. Serta tak lupa supaya anak-anak bangsa ini juga dapat berperan aktif dalam produksi Teknologi (bukan hanya sebagai konsumen aktif 😛 )

Untuk berita-berita lebih lengkap mengenai Google Project Glass ini dalam bahasa Indonesia, anda dapat membaca liputan khusus dari tekno.kompas.com

Anda juga dapat melihat informasi lainnya melalui akun google+ resmi dari Project Glass ini.

Salam Teknologi dari saya 😀

itTekno 2012 ; @heronimus17

about.me/heronimus

Iklan

3 comments on “Kacamata Pintar dalam Google Project Glass dengan Teknologi Baru Augmented Reality

  1. Ping-balik: Kacamata Pintar Google Project Glass Mulai Dicoba Kepada Para Jurnalis | itTEKNO

  2. Ping-balik: TREN PTIK – Teknologi Kacamata Pintar Google Glass | yuliarosaenaa

  3. Ping-balik: Kacamata Pintar dalam Google Project Glass dengan Teknologi | Teknologi Dan Musik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s