Gadget Inovator: Gadget Proyeksi Interaktif

Ditulis oleh @heronimus17, artikel ini berpartisipasi dalam Universitas Sanata Dharma Blog Competition 2013 (@BlogCompUSD ) yang diselenggarakan oleh TI USD Teknik Informatika Sanata Dharma dengan tema “Gadget: Dari Jadul ke Gaul” yang diselenggaran dari 10 Oktober – 25 November 2013.

Gadget Inovator itTekno Header

Gadget Inovator: Gadget Proyeksi Interaktif
oleh: @heronimus17, itTekno 2013

          Siapa sangka dalam 20 tahun ini perkembangan teknologi semakin tidak terduga, baik itu dalam hal perangkat keras, perangkat lunak, atau pun brainware atau pengguna teknologi itu sendiri. 30 sampai 20 tahun yang lalu profesi dalam bidang komputer tidak terlalu diperhatikan tetapi kenyataan sekarang profesi dalam bidang tersebut sungguh sangat diperlukan bagi perkembangan dunia teknologi.

        Sampai saat ini teknologi telah hampir saja meniadakan batas  antara apa yang disebut kenyataan dan virtual, hal ini sebenarnya telah dimulai ketika orang-orang mulai dapat berinteraksi dengan komputer baik itu dari bentuk yang paling sederhana seperti kalkulator, hingga bentuk yang lebih kompleks yaitu komputer. Pada awalnya pengoperasian komputer masih berbasis teks dengan memberikan perintah-perintah melalui kode yang sudah terdefinisi. Akan tetapi terjadi perkembangan besar yang menjadi titik tolak cara manusia berinteraksi dengan komputer yaitu sejak Graphic User Interface (GUI) atau pengoperasian melalui tampilan grafis mulai diperkenalkan pada tahun 1980-an, saat itu teknologi GUI mulai digunakan publik dikomputer milik Apple dan IBM. Saat ini tampilan grafis saja tidak cukup maka muncul layar sentuh yang banyak diaplikasikan di smartphone dan tablet yang makin memudahkan pengguna berinteraksi dengan gadgetnya. Lalu, bagaimanakah cara manusia berinteraksi dengan gadget dimasa depan ?

Pertama, mari kita lihat dulu perkembangan teknologi gadget-gadget baru mulai dari awal abad 21 seperti.

  1. Notebook yang menjadikan komputer menjadi mudah dibawa dan semakin ringkas mulai ramai di pasaran sejak tahun 2000-an, bahkan perkembangannya saat ini semakin canggih dengan layar sentuh dan desain yang semakin tipis dan ringan.
  2. Smartphone yang menggabungkan fungsi telepon seluler dan fungsi komputer multi-tasking yang kini kebanyakan menggunakan layar sentuh untuk menggunakannya.
  3. Tablet mempunyai fungsi hampir sama dengan notebook tetapi  dengan pengoperasian atau interaksi layar sentuh.
  4. Samsung Galaxy Gear, perangkat yang baru saja dirilis ini berfungsi sebagai mini smartphone dengan bentuk jam tangan yang mudah dibawa dan enak digunakan.
  5. Google Glass merupakan gadget berbentuk kacamata dengan fungsi seperti halnya smartphone tetapi lebih ringkas dan sangat mendukung mobilitas penggunanya, gadget ini sendiri baru akan dirilis ke publik ditahun 2014.
Gadget to gadget

Gambar berbagai macam gadget.
sumber gambar: plrtitan.com, usetablet.com, digitaltrends.com

          Dari perkembangan gadget-gadget tersebut terlihat bahwa tren pengembangan gadget sangat memperhatikan mobilitas dan interaksi, yaitu mengembangkan bagaimana cara agar gadget itu mudah kita bawa kemana saja dan bagaimana cara kita agar semakin mudah dan nyaman untuk menggunakannya. Maka sekali lagi jika dilihat dari tren perkembangan gadget tersebut mungkin 10 tahun lagi atau bahkan lebih cepat akan muncul teknologi gadget yang semakin ringkas mudah dibawa tetapi dengan fungsi maksimal dan cara interaksi yang lebih mudah dan menyenangkan tentunya.

          Sebelumnya ingatkah anda dengan serial kartun The Simpson ? disitu pernah terlihat komputer kotak menyerupai apa yang sekarang disebut tablet. Ini menunjukan bahwa tidak tertutup kemungkinan apa yang sudah orang-orang pikirkan walaupun itu masih tahapan fiksi atau dalam film bisa benar-benar terwujud. Jika kalian menonton film-film dengan latar belakang waktu masa depan maka kalian pasti dapat membayangkan gadget yang dapat memunculkan tampilan proyeksi didepan kita  dan kita dapat mengoperasikan gadget tersebut hanya dengan menyentuh tampilan proyeksi tersebut.

          Lalu gadget apakah itu ?  Jika dilihat dari cara kerja gadget yang memunculkan proyeksi tampilan di depan kita maka mungkin akan cocok jika gadget tersebut dinamai “Gadget Proyeksi Interaktif” atau akan lebih cocok jika disebutkan dalam bahasa Inggris “Interactive Air Projection Gadget” . Jika dibayangkan nantinya gadget tersebut akan mempunyai bentuk kecil dan ringkas serta dapat kita kenakan dengan nyaman, bisa saja dalam bentuk kacamata, jam tangan, gelang atau benda lain yang nantinya akan memancarkan atau memproyeksikan gambar  tepat didepan kita, dan kita pun dapat menyentuh gambar proyeksi tersebut layaknya kita menggunakan smartphone, tablet maupun komputer. Nantinya tentu akan banyak hal yang bisa kita lakukan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang dapat kita jalankan dari gadget ini.

SAO

Gambar Ilustrasi Gadget Proyeksi Interaktif mirip dalam Serial Anime Sword Art Online .
sumber: Anime Sword Art Online, Episode 1 dan 2 oleh Kawahara Reki

          Kemungkinan terwujudnya gadget ini pun semakin kuat dengan adanya perangkat-perangkat teknologi yang hampir mirip fungsi kerjanya dengan Gadget Proyeksi Interaktif gadget tersebut antara lain.

1. Samsung Galaxy Gear dan Google Glass

Gadget ini sebenarnya hampir mirip dengan Gadget Proyeksi Interaktif  yang mampu membawa tampilan tepat didepan mata kita, hanya saja tampilan tersebut masih ditampilkan di layar yang ada dilensa kacamata Google Glass tersebut.

Gear and Glass

Gambar Samsung Galaxy Gear dan Google Glass
sumber gambar: digitaltrends.com, npr.org

2. Interactive Projector

Interactive Projection merupakan  proyektor  yang mirip-mirip seperti proyektor biasa, hanya saja tampilan yang diproyeksikan tersebut dapat kita sentuh layaknya layar sentuh. Perangkat ini sebenarnya hampir mewakili fungsi utama Gadget Interaktif Proyeksi hanya saja gambar hanya bisa di proyeksikan di layar atau tembok saja belum bisa “mengapung” di udara.

light-touch-projector-touchscreen

Gambar Interactive Projection
sumber gambar: dvice.com

          Dari gadget-gadget yang sudah mendukung adanya Gadget Proyeksi Interaktif tersebut, sebenarnya hanya kurang satu teknologi yang belum ada hingga saat ini yaitu teknologi untuk memproyeksikan gambar di udara yang dapat kita dan itulah PR bagi pengembang teknologi sekarang ini untuk bisa mewujudkan Gadget Proyeksi Interaktif tersebut.

          Tidak ada yang tahu apakah Gadget Proyeksi Interaktif atau Interactive Air Projection Gadget ini akan menjadi nyata, tetapi dengan perkembangan teknologi yang melaju dengan cepat gadget ini atau mungkin gadget yang serupa dengan Gadget Proyeksi Interaktif ini tentu saja akan segera benar-benar terwujud. Jika gadget ini benar-benar terwujud tentunya akan sangat membantu manusia untuk melakukan berbagai aktifitas dengan lebih efektif. Tidak sabar menunggu gadget ini lahir kedunia?  Mari kita tunggu tentunya.

Salam Teknologi, @Heronimus17 –  itTekno 2013

Artikel ini berpartisipasi dalam Universitas Sanata Dharma Blog Competition 2013 (@BlogCompUSD ) yang diselenggarakan oleh TI USD Teknik Informatika Sanata Dharma dengan tema “Gadget: Dari Jadul ke Gaul” yang diselenggaran dari 10 Oktober – 25 November 2013.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s